Raih Keuntungan, Facebook - Twitter Beda Jalan

on Senin, 25 Mei 2009


NEW YORK - Facebook dan Twitter adalah dua situs jejaring sosial yang tengah menanjak popularitasnya. Keduanya kini umum digunakan dalam cara baru berkomunikasi. Meski sama-sama tengah naik daun dan mampu menghasilkan banyak keuntungan dari layanan mereka. Namun keduanya memiliki cara berbeda dalam menghasilkan keuntungan.

"Baik Facebook maupun Twitter adalah media baru bagi masyarakat dunia untuk saling berkomunikasi. Hal ini menguntungkan bagi orang-orang yang menggunakannya, sehingga menjadikan kedua situs itu menjadi bernilai," kata Tim Draper, Direktur Manajemen Draper Fisher Jurvetson yang dikuitp dari News Yahoo, Senin (25/5/2009).

Facebook melihat pemasangan iklan merupakan strategi utama untuk menghasilkan keuntungan. Sebaliknya, Twitter tidak tertarik untuk meningkatkan penghasilan melalui iklan. Sebagai gantinya, Twitter lebih memilih menghadirkan fitur-fitur premium yang bisa dimanfaatkan pengguna Twitter bagi kepentingan komersil.

Pengguna situs jejaring sosial cenderung menghabiskan banyak waktu ketika mengakses situs yang mereka senangi. Hal ini dilirik para pemasang iklan untuk mempromosikan produk mereka pada situs tersebut.

Rata-rata pengunjung Facebook berkunjung dua kali sehari dan menghabiskan waktu setidaknya tiga jam sebulan untuk mengakses Facebook. Sementara rata-rata pengunjung Twitter mengunjungi situs tersebut sebanyak 1,4 kali sehari dan menghabiskan waktu setidaknya 18 menit sebulan.

Bagaimanapun Drapper mengungkapkan keduanya memang telah menunjukkan keberhasilan dari masing-masing cara mereka dalam meraup keuntungan. Menurutnya berbagai layanan yang dihadirkan membuat kedua situs tersebut semakin besar. Oleh karenanya sangat penting bagi keduanya yaitu dengan menumbuhkan jaringan mereka dan mencegah segal upaya monetisasi yang bisa menghambat perkembangan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar